Dilaksanakan untuk meningkatkan profesionalisme pelaksanaan tugas pengawasan atas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan agar terlaksana secara efesien dan efektif serta sesuai dengan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Diklat Fungsional Auditor adalah syarat yang harus ditempuh auditor internal untuk mendapatkan sertifikasi.

Diklat Fungsional Auditor terdiri dari Diklat Pembentukan Auditor dan Diklat Penjenjangan Auditor. 

Diklat Pembentukan Auditor adalah diklat dalam rangka sertifikasi untuk memenuhi kompetensi minimal untuk pengangkatan sebagai Auditor pemerintah. Diklat Pembentukan Auditor ini terdiri dari:

  1. Diklat Pembentukan Auditor Terampil
  2. Diklat Pembentukan Auditor Ahli

Diklat Penjenjangan Auditor adalah diklat dalam rangka sertifikasi untuk memenuhi kompetensi dalam jabatan Auditor Muda, Auditor Madya dan Auditor Utama.  Diklat Penjenjangan Auditor Ahli terdiri dari:

  1. Diklat Penjenjangan Auditor Muda
  2. Diklat Penjenjangan Auditor Madya
  3. Diklat Penjenjangan Auditor Utama

Dalam melaksanakan Diklat Fungsional Auditor diperlukan kurikulum diklat sebagai acuan dan pedoman agar tujuan dan sasaran diklat dapat tercapai. Kurikulum Diklat Fungsional Auditor memuat tujuan pembelajaran, mata ajar, kompetensi dasar, indikator keberhasilan, jumlah jam pelatihan, metode pembelajaran dan metode evaluasi untuk masing-masing jenis diklat.

 

Diklat

DIklat Pembentuk Auditor Terampil
Lihat Daftar Mata Ajar
Diklat Pembentukan Auditor Ahli
Lihat Daftar Mata Ajar
Diklat Penjenjangan Auditor Muda
Lihat Daftar Mata Ajar
Diklat Penjenjangan Auditor Madya
Lihat Daftar Mata Ajar
Diklat Penjenjangan Auditor Utama
Lihat Daftar Mata Ajar